Saturday, May 28, 2022
Home Education 4 Penyebab Kanker Paru-Paru Bagi Orang yang Tidak Merokok

4 Penyebab Kanker Paru-Paru Bagi Orang yang Tidak Merokok

Jika anda tidak merokok, anda mungkin berpikir bahwa anda tidak terlibat ketika berkenaan dengan kanker paru-paru yaitu, kanker pembunuh nomor satu di AS. Sayangnya, itu adalah sebuah mitos yang mematikan, karena penelitian menunjukkan bahwa jumlah orang yang bukan perokok dengan kanker paru-paru sedang terus meningkat.

JENIS KANKER PARU-PARU YANG BERBEDA

Karena lebih sedikit orang memilih untuk merokok, penyebab lain yang menyebabkan kanker paru-paru mulai menjadi lebih umum. Faktanya, hingga 20 persen orang yang meninggal karena kanker paru-paru adalah orang yang bukan perokok. Dan para peneliti telah menemukan bahwa kanker paru-paru pada orang yang bukan perokok adalah penyakit yang berbeda sama sekali. Jadi dokter sekarang menekankan betapa berbahayanya faktor-faktor lingkungan lainnya.


“Secara pasti ada profil molekuler yang jauh berbeda dalam diri seseorang yang perokok dengan yang bukan perokok,” kata Robert M. Jotte, MD, PhD, di Presbyterian / St. Pusat Medis Luke. Itu berarti sel-sel kanker berkembang secara berbeda, yang dapat mempengaruhi pengobatan dan kemungkinan komplikasi kesehatan lainnya.


Sebagai contoh, orang yang bukan perokok dengan kanker paru-paru mungkin terlihat lebih kecil untuk memiliki chronic obstructive pulmonary disease (COPD) (penyakit paru obstruktif kronis)dan penyakit jantung daripada rekan-rekan mereka yang merokok. Ada juga beberapa saran bahwa kanker-kanker dalam diri seseorang yang bukan perokok mungkin memiliki lebih banyak pilihan pengobatan, yang berarti mereka bisa hidup lebih lama. Perbedaan besar lainnya adalah bahwa wanita tampaknya lebih mungkin terkena kanker paru-paru jika mereka tidak pernah sama sekali merokok, dibandingkan dengan pria.

“Mengapa lebih banyak wanita yang mengembangkan mutasi gen khusus itu tidak sepenuhnya dipahami,” Dr. Jotte berkata. “Ada banyak teori, tetapi penyebab sebenarnya masih sedang dipelajari.

APA PENYEBAB KANKER DALAM DIRI SESEORANG YANG BUKAN PEROKOK?

Merokok masih menjadi penerus penyebab utama kanker paru-paru, tetapi faktor-faktor risiko lainnya berikut ini : dapat menyebabkan kanker paru-paru dalam diri orang yang tidak merokok
Riwayat keluarga
Perokok pasif
Diagnosis kanker sebelumnya
Polusi udara atau bahaya-bahaya lingkungan lainnya

BAGAIMANAKAH ANDA BISA MENGURANGI RESIKO KANKER PARU-PARU ANDA?

Kanker paru-paru sangat tak terduga dalam diri seorang yang bukan perokok sehingga itu biasanya ditemukan pada tahap selanjutnya, yang juga berarti sering lebih sulit untuk diobati. Seperti semua masalah kesehatan, satu ons pencegahan bernilai satu pon penyembuhan, jadi coba petunjuk-petunjuk itu untuk mengurangi kemungkinan anda mengidap kanker paru-paru:

  • RADON* MENGUJI RUMAH ANDA
    Radon adalah sebuah karsinogen yang terjadi secara alami yang dapat mengintai di ruang bawah tanah atau ruang merangkap. Anda dapat membeli kotak uji radon di toko perangkat keras lokal anda untuk memastikan rumah anda aman. Tapi Jotte menambahkan bahwa sementara pengujian radon dianjurkan, jangan stres tentang hal itu. “Seseorang harus menghabiskan proporsi jam yang cukup tinggi di hari di lingkungan tertutup untuk benar-benar mendapatkan tingkat paparan yang terlibat dalam kanker paru-paru,” tambahnya.
  • HINDARI ASAP ROKOK (MEROKOK SECARA PASIF)
    Jika seseorang yang dicintai adalah seorang perokok, dorong mereka untuk berhenti.
    Lima langkah untuk berhenti merokok ini dapat meningkatkan peluang-peluang mereka untuk menghentikan kebiasaan itu hingga 60 persen. Tidak hanya akan bermanfaat bagi kesehatan mereka, tetapi itu juga membantu anda menghindari kanker paru-paru.
  • HINDARI KARSINOGEN
    Anda mungkin terpapar pada bau asbes dan polutan-polutan keras lainnya karena bagian dari pekerjaan anda. Pastikan atasan anda mengikuti pedoman-pedoman OSHA dan selalu mengenakan perlengkapan yang sesuai, seperti masker wajah, untuk membatasi penghirupan
  • MEMERIKSA APAKAH SKRINING ADALAH TEPAT BAGI ANDA
    Jika Anda benar-benar khawatir dengan paru-paru anda, Anda mungkin ingin melihat skrining terhadap kanker paru-paru. Tapi sebagian besar perusahaan-perusahaan asuransi meliputi tes-tes itu hanya untuk orang-orang yang memiliki riwayat merokok. Tanyakan kepada dokter anda jika itu masuk akal untuk anda.
  • TETAPLAH TERHUBUNG PADA DOKTER ANDA
    Jika seseorang di keluarga anda telah menderita kanker paru-paru, bicaralah, sehingga dokter anda bisa lebih waspada dalam menemukan tanda-tanda awal kanker paru-paru dalam diri anda. “Bahkan jika anggota keluarga dengan kanker paru-paru itu perokok, saya pikir hal itu perlu menjadi perhatian anda,” kata Jotte.

Dan pastikanlah untuk membahas setiap gejala-gejala yang aneh dan yang tidak begitu aneh. “suatu batuk yang terus-menerus tidak hilang bukanlah sesuatu yang seharusnya diabaikan,” kata Jotte. “Banyak gejala-gejala itu yang bisa menunjukkan suatu masalah yang mendasari seperti kanker paru-paru yang sebenarnya adalah gejala-gejala sangat umum yang kita semua dapat kan pada beberapa titik dalam masa hidup kita,” katanya. “Mengalami batuk, mengalami sedikit sakit di dada dan terasa nafas sedikit pendek adalah masalah-masalah umum, tetapi hal-hal itu juga gejala kanker paru-paru.”

Walaupun setiap bentuk kanker adalah menyeramkan, anda tidak perlu panik. Jotte mengatakan pentingnya untuk mengingat bahwa walaupun jumlah pada orang yang bukan perokok mengidap kanker paru-paru sedang melonjak, kebanyakan orang sehat yang bukan perokok tidak mengidap kanker paru-paru.

*Radon adalah suatu unsur kimia dalam tabel periodik yang memiliki lambang Rn dan nomor atom 86. Radon juga termasuk dalam kelompok gas mulia dan beradioaktif. Radon terbentuk dari penguraian radium. Radon juga gas yang paling berat dan berbahaya bagi kesehatan. (Sumber : Wikipedia)

Sourcesharecare

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Tamanu Supreme oil, the organic herbal killer of skin diseases and wounds

Famous for its so many health benefits, tamanu trees (Calophyllum inophyllum) grow in Indonesia and other southeast Asian countries and the Indian...

White Cardamom Prime from Indonesia

Famous worldwide for its five fragrances and various health benefits, Indonesian white cardamom grows around the country. We export it and many...

Food-grade Desiccated Coconuts from Indonesia

We are an exporter of fine and extra-fine granulated, halal & kosher-certified grade food-grade desiccated coconuts from Indonesia, Southeast Asia, to Europe,...

Analisa: Utang Evergrande tidak systemic sama sekali

Utang LN Evergrande cuma USD 20 miliar, atau 6,6% dari total kewajiban konsolidasinya yang USD 302 miliarUtang USD 20 miliar itu dipegang...

Recent Comments